Assalamualaikum Wr.. Wb..

   Kali ini say akan membuat artikel tentang komponen-komponen komputer beserta fungsinya. Saat ini banyak orang yang mengenal ataupun menggunakan komputer, tetapi belum tau komponen-komponen yang ada di komputer. Mari kita lihat artikel  dibawah ini.





   1. Pengertian

  a. Casing CPU
    


 Berfungsui untuk memasang atau meletakan komponen-komponen komputer seperti, Harddisk, Motherboard dan lainnya. Banyak model jenis-jenis casing CPU sesuai dengan kebutuhannya.









b. Motherboard/Mainboard



Berfungsi untukmemasang atau meletakan komponen-komponen kecil seperi RAM, Sound Card, Vga Card, dan lainnya.








  c. Processor/ CPU (Centar Processing Unit)


 
Berfungsi untuk sebuah perhitungan atau menjalankan tugas yang cukup penting, Processor ini terletak pada socet yang telah tersedia di Motherboard.







   d. VGA ( Video Graphic Adapter)


Berfungsi untuk menerjemah atau mengubah suatu sinyal digital dari sebuah komputer menjadi sebuah tampilan grafis ke layar monitor.








  e. Hardisk



Berfungsi untuk melakukan sebuah penyimpanan pada komputer. Semua file yang anda simpan pada komputer anda akan tersimpan di Hardisk.





   f. CD/DVD-ROM


Berfungsi untuk membaca sebuah data dari CD/DVD dan akan membruningnya ke sebuah data ke dalam CD/DVD.







  g. RAM ( Random Accses Memory)



Berfungsi untuk menyimpan data sementara, disaat komputer menjalankan sebuah aplikasi maka palikasi tersebut akan disimpan ke dalam  RAM bersifat sementara.





  h. Power Supply

Berfungsi untuk mengubah sebuah arus listrik bolak balik ke arus listrik searah dan juga berfungsi untuk meminalisir kerusakan perangkat komputer yang dikarenakan tidak teraturnya aliran listrik ke dalam komponen komputer.






  i. Sound Card



Berfungsi untuk mengolah data menjadi audio atau suara, dan juga sebagai penghubung alat sebagai input/output suara kesebuah komputer


  j. Monitor


Berfungsi untuk menampilkan data-data berupa grfis dari sebuah processor untuk ditampilkan agar pengguna dapat melihat tampilan isi dari CPU.







    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
   Terimakasih

    Wassalamualaikum Wr.. Wb..