Assalamualaikum Wr.. Wb..

    Hallo semua..  Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Router secara sekilas. Baiklah mari kita pelajari bersama apa itu Router, marikita lihat artikel dibawah ini.





    Pengertian
       Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal dengan routing.


   Router memiliki fasilitas DHCP (Dhynamic Host Configuration Protocol), kita dapat mengkonfigurasi DHCP ini sehingga kita dapat membagi IP Address. Router juga memiliki fasilitas NAT (Network Address Translator), dengan NAT kita dapat mensharing suatu IP Address  atau koneksi internet ke IP Address lainnya.

  Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar, yang disebut internetwork, Untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah memanejemennya.

Jenis-jenis Router :


  1. Router Aplikasi, Sebuah aplikasi yang bisa kamu install pada sistem Operasi Komputer. Misalnya aplikasi WinGate, WinProxy, dan winroute

  2. Router Hardware, Sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti Router, maka dengan hardware tersebut kamu dapat membagi IP Address. Router hardware dapat membagi  jaringan internet pada satu wilayah

  3. Router PC, Sebuah komputer yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai Router. Komputer yang dijadikan Router ini harus di install dengan sistem operasi khusus untuk Router, seperti Mikrotik.

Fungsi Router :


  1. Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

  2. Router juga berfungsi untuk sistem transmisi informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya yang sistem kerjanya seperti Bridge.

  3. Router juga dapat berfungsi sebagai penghubung sebagai jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL juuga bisa disebut koneksi DSL. Router ini biasanya memiliki fungsi firewal, sehingga dapat mencegah adanya broadcast strom yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Cara kerja Router




   Sebuh Router dapat memiliki kemampuan sebuah Routing, artinya Router dapat mengetahui kemana rute perjalanan paket data informasi akan dilewatkan, apakah ditujukan ke host lain yang dalam satu jaringan ataupun berada di jaringan yang berbeda.
 

    Sekian artikel dari saya , semoga bermanfaat.
   Terimakasih

    Wassalamualaikum Wr.. Wb..

 

Baca juga

Jenis kabel Jaringan Dan Pengertiannya 

Pengertian dan manfaat jaringan LAN