Assalamualaikum Wr.. Wb..

  Halo.. Kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis kabel pada jaringan, untuk lebih jelasnya mari kita lihat artikel di bawah ini.




A. Pendahuluan

   1. Pengertian
       Kabel jaringan komputer merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan satu perngkat jaringan ke perangkat jaringan yang lain atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi sumber daya dan lainnya.

   2. Latar Belakang
       Dalam kabel jaringan komputer terdapat beberapa jenis seperti, kabel coaxial, kabel fiber optik, kabel Twisted Pair, dan lainnya.

   3. Tujuan
       - Untuk mengetahui jenis-jenis kabel dalam jaringan komputer
       - Untuk mengetahui fungsi kabel dalam jaringan komputer

B. Alat dan Bahan

    - Laptop/PC
    - Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan

     3 jam

D. Proses pelaksanaan
    Mencari arikel tentang kabel jaringan komputer, lalu kita membaca dan memahaminya.
   Berikut jenis-jenis kabel dalam jaringan kompuer :

   1.  Kabel Coaxial
 

pada gambar di atas kita melihan struktur kabel Coaxial. Kbabel ini memiliki satu kabel tembaga yang bertindak sebagai media konduktor listrik yang terletak di tengah-tengah. Satu lapisan plastik sebagai pemisah kepada kabel tambaga yang berada di tengah-tengah dengan satu lapisan pintalan besi. Pintalan besi ini bertindak sebagai penghalang dari gangguan cahaya florensen, komputer dan sebagainya.
Kabel Coaxial ini memiliki penutup plastik yang bisa mencegah kelembapan dari bahan konduktor yang berada di tengah-tengah, sehingga mampu menampung glombang yang lebih besar terutama pada topologi linear bus. Namun kekurangan kabel ini adalah sangat sulit dibengkokan sehingga menyulitkan saat proses masuknya/ install.

   2. Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi tiga jenis kabel, yaitu :

  a. Kabel UTP ( Unshieded Twisted Pair )
      Kabel UTP berfungsi sebagai salah satu kabel penghubung atau bertukar data antar jaringan-jaringan komputer, baik itu berbasis lokal LAN maupun global, di dalam satu sistem network atau jaringan komputer.
     Kelebihan kabel UTP yaitu, Harga kabel jaringan UTP terbilang murah dibandingkan kabel jaringan yang lain, Instalasi pemasangan kabel UTP terbilang mudah, Perawatan kabel UTP terbilang mudah.
    Kekurangan kabel UTP yaitu, Kabel UTP rentan terhap efek interferensi electromagnetik yang berasal dari media atau perangkat lain.

   b. Kabel FTP (Foiled Twisted Pair)
       Kabel FTP ini tidak jauh berbeda seperti kabel UTP. Hanya saja perbedaannya terletak pada pelindung kabel yang berlapis tambahan alumunium foil, dan dapat dipastikan bahwa kabel FTP memiliki spesifikasi lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP. Fungsi kabel FTP ini sama halnya seperti kabel UTP yaitu sebagai salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan berbasis LAN maupun global.
    Kelebihan kabel FTP yairtu, Dari segi ketahanan kabel FTP lebih baik dari pada kabel UTP, Tahan terhadap interferensi electromagnetik, Instalasi pemasangan dan perawatan terbilan mudah.
    Kekurangan kabel FTP yaitu, Proses pengiriman data masih lambat atau kurang ketimban kabel lainnya seperti kabel Fiber Optik, Jangkauan maksimal kabel FTP hanya 100 meter

   c. Kabel STP (Shielded Twisted-Pair)
       Kabel STP ini sama halnya dengan kabel UTP dan FTP. Fungsi dari kabel STP ini digunakan sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektrinika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan penukaran data.
      Kelebihan kabel STP yaitu, Memiliki daya tahan dan kekuatan yang baik, Memiliki kemampuan mengirim data yang cukup cepa meskipun masih kalah dengan jenis kabel Fiber Optik.
     Kekurangan kabel STP yaitu, Proses instalasi cenderung lebih rumit, Jarak jankauan terbatas maksimal 100 meter dibandingkan dengan kabel Coaxial yang mencapai 500 meter.

   3. Kabel Fiber Optik



       Kabel ini adalah kabel teknologi terbaru, terbuat dari gelas optik, bagian yang paling utama dinamakan bagian inti  (core) dimana glombang cahaya yang dikirimkan akan merambat dan mempunyai indeks bisa lebih besar dari lapis kedua. Bagian jaket (Cladding) berfungsi sebagai pemantul cahaya agar dapat merambat ke ujung lainnya dan dapat merambat sampai ke serat optik. Bagian mantel (Coating) merupakan bagian terluar dari suatu serat optik yang terbuat dari bahan plastik yang berfungsi sebagai pelindung serat optik dari kerusakan. 
    Kabel fiber optik mampu mengirim sinyal di dalam lingkungan yang lebih besar dibandingkan dengan kabel STP, dan juga memiliki kemampuan membawa informasi pada kecepatan yang tinggi.
    Kelebihan Fiber optik adalah,
    - Kapasitas bandwith yang besar (gigabit per sekon)
    - Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih 60 kilometer )
    - Kebal terhadap interferensi electromagnetik. 
.
 E. Hasil yang didapatkan

      - Dapat mengetahui tentang kabel jaringan komputer
      - Dapat mengetahui fungsi dari kabel jaringan komputer


F. kesimpulan
   Kabel jaringan komputer sangat berpengaruh untuk mengirim atau menerima data informasi.

G. Refrensi

    - https://jaringankomputer.org/kabel-jaringan-komputer/
    - http://agungelektro.blogspot.com/2015/04/struktur-kabel-serat-optik.html
    - https://www.lk21.news/2016/06/pengertian-ketegori-dan-jenis-jenis.html

H. Penutup

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan.

   Terimakasih

    Wassalamualaikum Wr.. Wb..